Jumat, 21 Oktober 2011

Pertanyaan akan membaca dan Hubungan Membaca dengan Keterampilan berbahasa yang lain

1.  1. Apa guna mempelajari MK Membaca ?
    
Mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang luas tentang hakikat dan proses membaca, jenis-jenis membaca, langkah-langkah kegiatan membaca, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca, membaca intensif dan ekstensif, serta pengembangan kemampuan membaca skimming dan scanning.

2. Apa akibat banyak membaca ?
    
            Banyak membaca, secara logis merupakan suatu kegiatan yang positif. Apalagi dalam pencarian ilmu dan memperkaya pengetahuan. Tapi tanpa disadari, sesungguhanya terlalu banyak membaca juga akan menimbulkan hal negatif, seperti :
a. Muncul gejala kelelahan pada mata ( pedih, pegal pada mata, mata berair,dll ).
b. Berpotensi menyebabkan kerusakan mata apabila membaca dengan posisi tiduran dan tengkurap.
c. Stres, dikarenakan terlalu banyak menampung pemikiran – pemikiran yang dari apa yang dibaca.

3. Apa hakikat membaca ?
    
Membaca merupakan suatu proses komunikasi antara pembaca dan penulis dengan bahasa tulisan atau suatu proses yang dilakukan oleh pembaca untuk membangun makna dari suatu pesan yang disampaikan melalui tulisan. Dalam proses tersebut, pembaca mengintegrasikan antara informasi atau pesan dalam tulisan dengan pengetahuan atau pengalaman yang telah dimiliki.

4. Apa hubungan surat Al – Alaq ayat 1 ( Iqra ! ) dengan membaca ?
    
Iqra’ memiliki arti,“ Bacalah “, demikian bunyi ayat pertama kitab suci Al-Qur’an yang diturunkan untuk umat Muhammad saw. Bacalah disini mempunyai pengertian yang luas, yang tidak hanya membaca buku bacaan tetapi membaca apa saja yang ada di depan mata kita, yang ada di sekitar diri kita, yang ada pada penciptaan diri kita, yang tak terlihat sekalipun oleh mata kita, dan semuanya. Ketika kita tidak mampu secara langsung melakukan observasi kepada objek dimana kita diperintahkan untuk membacanya, maka buku-buku yang telah ditulis oleh para penulis yang sekaligus para ahlinya adalah solusinya. Untuk itulah kita perlu membaca buku-buku yang banyak macamnya, yang mendalam isinya, yang bermacam-macam kajiannya, dan lain sebagainya, menurut perintah Allah swt. dalam surat-Nya.

5. Untuk apa kita membaca ?

  • Karena adanya kebutuhan dari diri kita untuk menggali ilmu pengetahuan atau informasi tentang berbagai hal yang kita butuhkan.
  • Mempelajari pengalaman, pandangan, persepsi, imajinasi seorang pengarang buku untuk kita kembangakan didalam diri kita.
  • Merupakan konsumsi bagi tubuh kita, tepatnya konsumsi bagi otak dan hati kita dan konsumsi bagi pikiran dan perasaan kita pula.
  • Karena merupakan sebuah perintah dari Allah SWT. Dalam ayatnya yang pertama yaitu Iqra’ ( Bacalah ! )


II.      Jelaskan Hubungan Membaca dengan Keterampilan yang lain ( Menyimak, Berbicara, dan Menulis ).

a. Hubungan Membaca dengan Menyimak
Keterampilan menyimak merupakan dasar atau factor penting bagi kesuksesan seseorang dalam belajar membaca efektif. Membaca hendaknya disertai oleh diskusi (sebelum, selama dan sesudahnya), agar bisa meningkatkan serta memerkaya kosakata, pemahaman umum, serta pemilikan ide-ide cemerlang.

b. Hubungan Membaca dengan Berbicara
Kemampuan umum berbicara turut melengkapi dan merupakan latarbelakang menguntungkan bagi keterampilan membaca. Kemampuan tersebut mencakup kemampuan mengujarkan kosakata yang luas dan beranekaragam dengan jelas dan lancar, penggunaan kalimat sempurna serta kemampuan mengurutkan kronologis bacaan dengan baik dan benar.

c. Hubungan Membaca dengan Menulis
            Membaca dan menulis merupakan kegiatan yang kompleks. Dengan membaca seseorang belajar menulis, mengetahui apa yang hendak ditulis, bagaimana teknik menulis, tujuannya menulis dan sebagainya. Sehingga semakin baik kemampuannya membaca akan semakin terampil pula Ia menulis. Menulis juga merupakan proses belajar. Dengan menulis terdapat proses berpikir dan mengekspresikan hasil pemikiran. Sehingga hasil belajar menulis akan tampak dari perubahan perilaku seorang penulis yang tertera dalam hasil penulisannya, yang suatu saat akan dibaca oleh orang lain.

5 komentar: